AdminIT, my new project

Setelah Dashvolt 2 saya nyatakan ditutup pada pos sebelumnya (lihat How about Dashvolt), saya membuat sebuah proyek baru. Nama proyek tersebut adalah AdminIT yang dapat Anda ikuti pada repositori GitLab saya (kunjungi https://gitlab.com/sibuluq/adminit).

Maksud dari Proyek AdminIT adalah untuk membuat sebuah sistem manajemen konten. Sistem manajemen konten di sini bukan digunakan untuk blog maupun website melainkan aplikasi penunjang bisnis. Hampir sama dengan Dashvolt 2 tetapi dibuat lebih umum. Tujuannya adalah agar dapat digunakan oleh masyarakat luas, tidak terbatas pada kepentingan Java Multi Mandiri di mana saya bekerja. (lebih…)

Berburu Bug

Sudah dua hari ini saya “memburu” bug pada Dashvolt. Bug itu berkaitan dengan fitur import produk via file CSV. Saya ingat betul kalau dulu fitur import produk dengan file CSV sudah disupport oleh Dashvolt. Bahkan sudah pernah saya perlihatkan kepada teman saya. Tetapi, tiba-tiba saja fitur tersebut menghasilkan error kurang lebih satu minggu yang lalu.

Waktu itu saya abaikan dahulu karena ada hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu, khususnya pada modul jurnal. Baru kemarin saya bisa mulai berburu penyebab error pada fitur import tersebut. Penyebabnya adalah pada pustaka PHPExcel yang macet.

ZipArchive not found

(lebih…)

Dashvolt 2

Boleh dibilang kalau Dashvolt merupakan proyek pribadi saya yang dibuat karena kebutuhan tim saya. Waktu itu, saya membutuhkan metode pencatatan yang otomatis sinkron antar anggota tim. Saya buatkan dokumen bersama menggunakan Google Document yang mana di-embed ke Dashvolt.

Jadi, Dashvolt bisa dibilang cuma interface terpusat untuk mengakses berkas Google Document. Karena kebutuhannya hanya sekedar, boleh dibilang, pengumpul dokumen maka Dashvolt saya buat menggunakan Fat-Free Framework yang ukurannya kecil. Maklum, waktu itu saya hanya punya hosting sebesar 100 MB yang dibagi untuk 3 layanan. (lebih…)