Selamat datang di seri artikel “7 Langkah Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress”. Kali ini kita akan mempersiapkan blog yang kita buat sehingga menjadi lebih sesuai dengan keinginan.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah salah dalam menentukan platform blog. Untungnya kamu membaca artikel ini, jadi Anda diharapkan tidak akan melakukan kesalahan tersebut.

Menurut saya, lebih masuk akal untuk menggunakan WordPress bagi para blogger baru. Alasannya adalah WordPress menawarkan antarmuka yang sangat mudah dipahami sehingga pengguna baru dapat dengan mudah memulai bloging. Setelah kita terbiasa dengan WordPress maka blog dapat dikostumasi dengan plugin yang tersedia.

Plugin memperkaya WordPress.

Perlu kamu ketahui, WordPress merupakan platform website nomor satu yang digunakan oleh blog ternama.

Kenapa WordPress gratis?

WordPress selain dapat dikostumasi dengan mudah juga kamu mendapatkan platform yang tanpa batasan. Semua fitur tersedia bagi kamu. Lalu, kenapa WordPress bisa gratis?

WordPress bisa gratis karena WordPress merupakan proyek komunitas yang disebarkan dengan bebas berdasarkan lisensi GNU GPL. Model bisnisnya bukan pada WordPress-nya tetapi pada layanan hosting WordPress di wordpress.com.

Mempersiapkan domain dan hosting

Kita sudah menentukan WordPress sebagai platform blog kita. Sekarang kita persiapkan nama domain dan host website yang akan kita gunakan untuk menampung WordPress.

Nama domain merupakan alamat yang diketikan agar bisa mengunjungi websitemu. Contohnya adalah website ini memiliki nama domain haeriadi.my.id.

Sedangkan host website merupakan tempat kita menaruh file-file website. Ibarat kata, host website bisa kita bayangkan sebagai rumah. Setiap website harus memiliki host.

Singkatnya, jika menggunakan analogi rumah maka host website merupakan rumah dan domain merupakan alamatnya.

Persiapkan nama domain yang sangat menggambarkan blog kalian. Contohnya adalah haeriadi.my.id. Saya memilih nama tersebut karena merupakan bagian dari nama saya dan blog ini berisi opini-opini saya pribadi. Selain itu juga digunakan untuk mendukung kerja freelance saya. Jadi, menurut saya, cocok menggunakan nama domain dengan nama saya.

Berikut ini adalah penyedia host website yang sudah pernah saya gunakan layanannya.

  1. Domosquare
  2. Rumah web
  3. id Cloud Host
  4. Jet Orbit
  5. Hostgator
  6. Bluehost
  7. Hawkhost

Saat ini saya tidak memberikan saran atau rekomendasi host website. Kamu bisa mencari di Google tentang review host website.

Buat kamu yang ingin bertanya tentang domain dan host, bisa ditanyakan lewat komentar di artikel ini.


Artikel ini merupakan artikel kedua dari topik “7 Langkah Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress”. Adapun artikel lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Kata pengantar
  2. Persiapan

Jika kamu suka artikel ini, silakan bagikan artikel ini kepada teman-temanmu. Jika masih ingin ada yang ditanyakan, manfaatkan fitur komentar untuk bertanya langsung di sini. Saya akan menjawab semaksimal yang saya bisa.

Sampai bertemu di artikel saya lainnya.

Kategori: WordPress

0 Komentar

Tinggalkan Balasan