Sekarang ane gabung di Java Multi Mandiri dan diberi kepercayaan suruh ngurusin toko onlinenya, Digital Meter Indonesia. Jadi, toko online itu jual alat-alat untuk pengukuran dan pengujian. Kalau Bahasa Inggrisnya test and measurement instrument. Jadi ane ibarat kata jadi webmaster-nya. Itu sekarang. Kalau dulu waktu pertama cuma jadi pengurusnya. Yang ngurusin segala kebutuhan posting.

Kalau sebelum gabung di Java Multi Mandiri, ane belum pernah tuh ngurusin website. Kalau bikin lah sering. Mulai dari bikin pake WordPress, Joomla!, Drupal, OpenCart, Prestashop, atau malah bikin sendiri dari CodeIgniter, Fat-Free Framework, dll. Jadi sedikit ada unsur kagetnya.

Kalau dulu waktu jamannya masih “bikin” itu ga peduli sama yang namanya SEO, backlink, analisa pengunjung, analisa pasar, dan tetekbengeknya. Dulu kalau bikin yang penting pengunjung ngerasa enak/betah aja. Cuma ngurusin gimana bikin sistem buat pengunjung yang tujuannya dia mau cari apa yang dia maksud tanpa harus mikir, tinggal klik.

Abis dipasrahin toko online jadi sedikit “kaget”. Ternyata harus mikirin juga yang namanya Google dan kawan-kawannya. Mikirin juga struktur postingnya biar imbang antara kita manusia yang jadi pengunjung sama robot-robotnya Google dan kawannya itu. Bukan cuma mikirin itu, karena yang namanya toko online pasti harus mikirin juga gimana caranya orang-orang di dunia maya bisa tau kita punya toko. Jadi, harus ada rencana dan strateginya memperkenalkan toko online kita. Jadi mulai mikirin cara pake Facebook sama Twitter beserta kawan-kawanya untuk promosiin Digital Meter Indonesia.

Dulu mah ga pernah itu kepikiran hal-hal macam itu. Bikin, jadi, tes apakah pengunjung udah ga bingung di situs kita, udah kelar. Tinggal di launching aja itu website. Hehehehe

Jadi, sekarang ane lagi belajar nih yang namanya SEO, sosial marketing, website marketing, email marketing, dan urusan marketing lainnya. Selain itu juga belajar jadi customer service yang baik, bagus, dan handal biar bisa ngelayanin para pelanggan Digital Meter Indonesia.

Kalau yang belum tau Java Multi Mandiri dan Digital Meter Indonesia bisa langsung cek aja situs ini nih.

Kalau ada yang mau kasih saran atau kritik buat Digital Meter Indonesia bisa kontak ane langsung. Ane dengan senang hati menerimanya 😀 .


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: