Apa itu agile? Apakah sebuah program baru? Kenapa begitu sering kita mendengar agile.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang sering keluar dari benak saya ketika mendengarkan pembahasan-pembahasan tentang agile. Oleh karena itu, pada artikel kali ini mari kita bahas tentang agile.

Apa itu agile?

Agile merupakan pendekatan iteratif terhadap manajemen proyek dan pengembangan perangkat lunak. Pendekatan tersebut membantu kita dalam menyampaikan nilai dari produk kita kepada pelanggan kita dengan lebih cepat dan mudah.

Dibandingkan dengan pendekatan tradisional seperti waterfall, agile menggunakan pendekatan kolaboratif antar tim. Komunikasi yang terbuka, kolaborasi, adaptasi, dan saling percaya antar anggota tim merupakan inti dari agile.

Agile bukanlah sebuah aturan seremonial maupun teknik-teknik tertentu. Agile merupakan kumpulan metodologi yang mengarahkan pada komitmet terhadap siklus umpan balik (feedback cycle) yang ketat dan peningkatan berkelanjutan (continuous improvement).

Kenapa memilih agile?

Sebagian besar pengembang memilih agile karena mereka ingin dapat merespon perubahan yang terjadi pada pasar mereka atau umpan balik dari pelanggan dengan cepat tanpa harus mengubah arah perencanaan yang sudah disusun. Perencanaan yang sekedar cukup atau just enough planning dan sering menyampaikan perubahan-perubahan yang kecil memungkinkan sebuah tim untuk mengumpulkan umpan balik pada setiap perubahan yang terjadi. Kemudian, tim juga dapat mengintegrasikan umpan balik tersebut pada rencana berikutnya dengan beban minimal.

Dengan agile, setiap anggota tim diberi kesempatan untuk saling berinteraksi dengan bebas. Kolaborasi dengan pelanggan dan rekan kerja sangat penting. Hal tersebut juga memungkinkan tim untuk menyampaikan solusi-solusi yang dapat langsung digunakan oleh pelanggan menjadi lebih penting lagi.

Kesimpulan

Kunci dari agile adalah menggunakan pola pikir perbaikan yang berkelanjutan (continuous improvement), diskusi yang bebas, dan kolaborasi yang produktif. Agile bukan sebuah aturan maupun teknik tertentu melainkan kumpulan metodologi yang dapat kita terapkan untuk delivery yang lebih cepat dan lebih mudah.

Selanjutnya, kamu dapat melanjutkan pada artikel tentang agile mindset yang sudah saya tulis pada blog ini. Baca juga artikel lainnya tentang agile development dari Code Monkey.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan