Proyek KDE sudah meluncurkan versi terbaru dari desktop environment-nya, Plasma 5.17. Dengan berbagai fitur baru dan perbaikan disana-sini, Plasma 5.17 menjanjikan desktop yang lebih produktif.

Plasma 5.17, a new version of KDE’s acclaimed desktop, is out!

Yang bakal kamu rasakan pertama kali saat menggunakan versi ini, Plasma desktop sekarang menyala lebih cepat! Dari beberapa optimasi yang dilakukan tim pengembang KDE, start-up script yang awalnya ditulis menggunakan Bash sudah diganti menggunakan C++. Hal tersebut tentu akan mendongkrak kecepatan start-up desktop. Selain itu, proses start-up juga berjalan asynchronous. Jadi, kalau boleh saya katakan, kamu akan merasakan waktu jeda yang lebih singkat dari login screen ke desktop pada Plasma 5.17 ini!

Selain start-up yang lebih cepat, juga ada peningkatan di bagian lainnya seperti notifikasi, pengaturan wifi, pengaturan volume suara, pengaturan widget, task manager, krunner, wallpaper, night color, hingga tampilan antarmuka yang menjadi lebih nyaman.

Dari sekian banyak peningkatan yang dibawakan, ada satu fitur yang sangat saya tunggu. Fitur tersebut adalah night color. Kalau sebelumnya kita harus menggunakan Wayland untuk memanfaatkan night color, sekarang night color sudah tersedia di X11. Fitur ini yang sangat saya tunggu. Terus terang, saya masih menggunakan Plasma di X11 karena Plasma di Wayland masih terlalu buggy buat saya. Dan night color merupakan penyelamat saya karena saya sering bekerja malam hari di suasana yang relatif lebih gelap.

Night color sudah tersedia pada Plasma di X11.

Untuk pengumuman rilis yang lebih lengkap bisa kamu baca di https://kde.org/announcements/plasma-5.17.0.php.


KDE merupakan komunitas perangkat lunak bebas yang ada dan berkembang karena para relawan yang memberi sumbangsih waktu dan tenaganya untuk proyek ini. KDE selalu menerima relawan dan kontributor baru yang ingin berpartisipasi dalam pembuatan kode, pelaporan dan perbaikan bug, penulisan dokumentasi, penerjemahan, promosi, donasi uang, dan lain sebagainya. Semua kontribusi akan sangat dihargai dan diterima dengan senang hati.

Untuk ikut berkontribusi pada proyek KDE, kamu bisa baca dulu halaman Get Involved.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan