Selamat datang kembali ke blog saya. Bagi kalian yang sudah menjadi pembaca setia blog ini tentu kebingungan mencari artikel saya yang lainnya.

Kebetulan telah terjadi insiden pada blog ini sehingga saya kehilangan semua artikel yang pernah saya tulis. Dan saya tidak mendapatkan backup terakhir dari blog saya ini.

Oleh karena itu, saya membangun kembali blog ini dari awal. Dan berkaitan dengan hal tersebut maka saya juga menyempatkan diri untuk membuatkan tulisan tentang langkah-langkah saya dalam membuat blog menggunakan WordPress.

Bagi kamu yang tidak terlalu paham tentang masalah teknis pembuatan blog, tidak perlu cemas karena saya akan berusaha menjelaskan dengan semudah mungkin. Akan saya bagi tulisan ini menjadi beberapa artikel sehingga akan lebih mudah diikuti dan dipahami.

Topik yang saya tulis ini akan dibuat agar mudah dipahami oleh kamu yang mungkin baru akan membuat blog dan juga buat kamu yang sudah sering membuat blog tetapi butuh mengingat kembali langkah-langkahnya. Selain itu, tulisan ini akan banyak berdasarkan pengalaman saya dalam membuat blog khususnya yang berbasiskan WordPress.

Walaupun demikian, jika kamu masih membutuhkan bantuan untuk membuat blog, saya juga menyediakan jasa pembuatan blog. Hubungi saya di email halo@haeriadi.my.id dan jelaskan kebutuhanmu. Saya akan dengan senang hati membantu.

Apa saja yang dibutuhkan?

Sebelum membuat blog, ada tiga hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu yaitu:

  1. Nama domain yang menggambarkan isi blog-mu.
  2. Host domain untuk tempat menampung blog-mu.
  3. Kesediaan kamu untuk meluangkan waktu membaca artikel saya ini.

Jika kamu sudah menyiapkan ketiga hal tersebut maka kamu sudah siap untuk melanjutkan membuat blog. Kamu bisa menanyakan ketiga hal tersebut kepada saya melalui kolom komentar yang tersedia di artikel ini.

Klik tombol berikut untuk menayakan hal tersebut.


Topik yang saya tulis ini akan membahas tentang:

  • pemasangan dan pengaturan WodPress untuk blog-mu,
  • menyesuaikan tampilan blog-mu,
  • cara menulis artikel pertamamu,
  • menyesuaikan blog-mu dengan tambahan plugin,
  • menyiapkan Google Analytics untuk blog-mu,
  • mengoptimasi pengaturan SEO blog-mu,
  • beberapa referensi informasi tambahan untukmu.

Untuk memudahkan kamu maka saya buatkan daftar artikel yang terkait dengan topik ini.

  1. Kata pengantar
  2. Persiapan

Jika kamu suka artikel ini, silakan bagikan kepada teman-temanmu sehingga mereka juga bisa membuat blognya sendiri. Jika masih ingin ada yang ditanyakan, manfaatkan fitur komentar untuk bertanya langsung di sini. Saya akan menjawab semaksimal mungkin.

Kategori: WordPress

1 Komentar

Persiapan – 7 Langkah Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress – Sunu Haeriadi · 18 Maret 2020 pada 11:51

[…] Kata pengantar […]

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: