Kalau Google ada Google Summer of Code, di Java Multi Mandiri ada JVM Internship Programme. Kalau JVM Internship Programme ga terbatas pada masalah pemrograman. Kita menerima beberapa bidang seperti di bidang teknik jaringan komputer, teknik rekayasa perangkat lunak, dan multimedia.

Hari ini ada acara presentasi dari peserta program magang untuk tugas mereka garap. Acara kecil-kecilan aja, cuma peserta program magang dan tutor. Materinya cukup sederhana yaitu mengenal tentang WordPress, pembuatan tema wordpress, mengenal tentang sistem operasi. Yang paling menarik adalah presentasi tentang proyek pembuatan tema wordpress.

Lupa kita belum tau siapa aja peserta magang JVM sekarang. Untuk angkatan magang kali ini ada

  • Mas Fika dan Mas Aji dari SMK YPT2 Purbalingga,
  • Mas Teddy dan Mas Azam dari SMK Muhammadiyah 1 Paguyangan,
  • Mba Putri, Mba Kori, Mba Linda, dan Mba Nida dari SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang.

Kalau Mas Fika dan Mas Aji sudah memasuki bulan terakhir dari program magangnya. Mereka masuk di tim Network Infrastructure Maintenance Support dengan tutornya Mas Angga. Menangani masalah-masalah jaringan intranet JVM. Mereka lumayan ada passion untuk mempelajari Mikrotik juga. Yang bikin salut adalah mereka tidak mau berhenti belajar. Apa yang sudah pernah diajari Mas Angga, mereka ulang lagi. Kalau sudah jadi, mereka reset lagi. Semangat Mas Fika dan Mas Aji.

Mas Teddy dan Mas Azam masuk di tim Software Development. Mereka memiliki proyek masing-masing. Proyek Mas Teddy adalah pengembangan aplikasi keperluan internal perusahaan. Sedangkan proyek Mas Azam adalah mengembangkan tema WordPress yang nantinya dijadikan tema baku website perusahaan.

Untuk mba-mba dari SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, mereka masih masa orientasi karena baru beberapa hari mengikuti program magang kami. Nantinya mereka akan masuk di tim SEO Support. Jadi, saat ini mereka masih saya racuni tentang dasar-dasar SEO. Terus terang, SEO tidak pernah diajari di sekolah. Jadi, mereka memang buta sama sekali tentang hal ini. Semoga saja mereka kuat menghadapi kerasnya dunia perSEOan B) .

Khusus untuk peserta dari SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, tutoring masih di-handle saya sendiri. Untuk membantu mereka terbiasa dengan tugasnya maka saya minta mereka menuliskan kegiatan harian di blog masing-masing. Silakan dikunjungi saja blog mereka di

Balik lagi ke presentasi yang tadi. Sebenernya yang tak cari bukan pada materi presentasi yang dibawakan, melainkan keberanian dan kemampuan mereka berbicara di depan orang. Dalam hal ini, biar mereka lebih pede lagi untuk sharing kepada banyak orang. Biar mereka terbiasa sebagai orang yang jadi pusat perhatian (dalam hal positif tentunya). Biar mereka terbiasa aktif di forum.

Mengingat angkatan magang terdahulu, bisa dibilang sangat pasif. Jadi, saya coba masukan materi untuk mempresentasikan tugas/proyek yang mereka kerjakan.

Oke, masih ada sesi presentasi dari anak magang. Besok saya update lagi tentang mereka.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan