Masih lanjut dengan masalah hidden info dan masih membaca website yang sama yaitu pointieststick.com. Juga masih baca pos yang sama di https://pointieststick.com/2019/02/17/this-week-in-usability-productivity-part-58. Pos ini bisa dibilang kelanjutan dari pos sebelumnya, “I think, hidden info is bad”.

Saya membaca poin tentang konfigurasi digital clock.

The Digital Clock widget’s 12-hour/24-hour toggle now works again (Chris Holland, KDE Plasma 5.15.1)

Oke, sebenarnya digital clock di sistem saya tidak bermasalah. Saya dari dulu bisa mengubah format digital clock baik menjadi 24 jam maupun 12 jam. Yang saya baru temukan adalah ternyata checkbox pada pengaturan format tersebut merupakan checkbox tri-state alias memiliki tiga opsi kondisi.

Silakan lihat ketiga gambar ini.

Pada gambar ini, merupakan kondisi uncheckedbox yang menandakan bahwa digital clock menggunakan format 12 jam.

Tidak ada yang aneh dengan kondisi tersebut karena dapat dibaca bahwa opsi untuk menggunakan format 24 jam tidak diaktifkan. Walaupun dengan terjemahan yang kurang tepat, kita masih bisa memastikan bahwa yang dimaksud adalah seperti itu.

Jika kamu klik checkbox tersebut maka pada klik pertama akan memunculkan tanda check seperti gambar seperti di atas. Pertama kali, saya pikir hal tersebut adalah bug yang dimaksudkan pada “The Digital Clock widget’s 12-hour/24-hour toggle now works again (Chris Holland, KDE Plasma 5.15.1)”.

Karena ingin memastikan, saya klik sekali lagi dan hasilnya adalah seperti gambar berikut.

Dilihat pada gambar di atas, checkbox akan terisi penuh. Kalau seperti ini tentu sudah tidak membingungkan lagi. Kita dengan aman bisa beranggapan bahwa fitur tersebut sudah diaktifkan. Dan memang itu yang terjadi pada sistem saya.

Oke, berarti pada klik yang kedua itu kenapa? Bug? Fitur? Tidak ada penjelasan untuk itu.

Setelah saya baca di https://bugs.kde.org/show_bug.cgi?id=404292, lebih tepatnya pada komentar pertama oleh Chris Holland, saya menemukan bahwa checkbox tersebut merupakan checkbox tiga kondisi. What the hell!

Why the heck is this config property an unsigned int instead of a bool? Oooooh right. It’s a tri-state button that defaults to whatever the system locale chooses. …

Sudah selama ini saya menggunakan Plasma 5 dan hari ini baru tahu bahwa checkbox tersebut merupakan checkbox tiga kondisi!

Hal ini yang menjadi perhatian saya. Kenapa tidak ada help text yang menginformasikan saya tentang pilihan tiga kondisi itu? Dan kenapa menggunakan checkbox untuk menggambarkan opsi yang lebih dari dua?

Kembali lagi ke pernyataan saya pada pos sebelumnya, hidden info is bad!


UPDATE: 23 Februari 2019 01.05 WIB
Informasi dari Nate Graham, sedang dikerjakan penggantian checkbox dengan combobox. Bisa dilihat di Phabricator KDE kode D19230. rancangan awal adalah seperti gambar berikut.


Tinggalkan Balasan