Hai teman-teman Code Monkey. Maaf lama tidak bikin pos karena kesibukan saya. Kali ini saya mau share tentang Laravel. Kebetulan saya kemarin mendapatkan proyek menggunakan Laravel tetapi klien meminta untuk tidak menggunakan Laravel 8. Apa sebab?

Salah satu penyebab klien saya tidak mau menggunakan Laravel 8 adalah beralihnya Laravel dari Bootstrap ke Tailwind CSS. Mereka menginginkan front-end framework yang siap digunakan dengan cepat dan terbukti berfungsi dengan baik. Jadilah mereka tidak bisa move on dari Bootstrap.

Yang jadi pertanyaan adalah bisakah Laravel 8 menggunakan Bootstrap?

woman in blue crew neck shirt sitting on brown couch

Cara menggunakan Bootstrap di Laravel 8

Mari kita lihat sejenak sejarah Laravel terutama bagian scaffolding. Pada masa Laravel 5, kita mendapatkan scaffolding berbasis Bootstrap menggunakan perintah make:auth. Kemudian Pada Laravel 6 mulai dipisahkan antara otentifikasi dengan tampilannya sehingga muncul paket Larvel UI. Pada Laravel 8 sekarang ini akhirnya muncul Laravel Jetstream yang menggantikan Laravel UI.

Laravel Jetstream tidak datang sendiri, dia juga membawa Laravel Fortify untuk otentifikasinya dan Livewire dan Inertia JS untuk front-end. Jetstream itu sendiri menggunakan Tailwind sebagai CSS framework. Akhirnya, dengan kedatangan Jetstream dan kawan-kawannya ini memunculkan pertanyaan dari para pengguna Laravel tentang kemungkinan penggunaan Bootstrap pada aplikasinya.

Kasusnya sama seperti yang dialami developer ini https://github.com/laravel/framework/discussions/34214.

Ternyata Laravel tidak serta-merta meninggalkan Bootstrap. Masih ingat Laravel UI? Yups, paket tersebut masih dapat digunakan pada Laravel 8 ini. Laravel UI sudah diperbarui untuk tetap dapat diintegrasikan dengan Laravel 8.

Ini adalah tanggapan dari tim pengembang Laraval.

Bagaimana cara Laravel 8 menggunakan Bootstrap?

Seperti biasa, pada proyek yang baru, teman-teman Code Monkey menambahkan paket Laravel UI sebagai dependensinya dan menginstallnya. Berikut ini perintah yang harus teman-teman lakukan.

# Mendaftarkan Laravel UI sebagai dependensi proyek
composer require laravel/ui

# Mengatur agar Laravel UI menggunakan preset Bootstrap
php artisan ui bootstrap

# Memasang Bootstrap pada proyek
npm install
npm run dev

Yups, masih sama seperti dulu. Kita tetap dapat menggunakan Bootstrap pada Laravel 8 dan alur pemasangannya pun masih sama seperti pada versi Laravel sebelumnya. Jadi, teman-teman Code Monkey masih tetap dapat menggunakan Bootstrap di Laravel 8 ya.


Silakan share pos ini kepada teman-temanmu yang juga kebingungan cara pake Bootstrap di Laravel 8. Selain share, kamu bisa komen tentang pendapatmu mengenai Laravel 8 dan Bootstrap di sini dan akan saya jawab sendiri karena tidak ada mimin di antara kita 😁.

Saya juga sedang mencoba layanan Trakteer untuk memberi kesempatan kepada teman-teman Code Monkey menyuport saya agar saya lebih rutin membuat pos di sini. Silakan teman-teman kunjungi https://trakteer.id/sibuluq untuk memberi sedikit tip untuk artikel ini. Teman-teman tinggal pencet tombol “Trakteer” di header profil saya dan bisa menggunakan Go-Pay, OVO, Dana, atau LinkAja agar praktis.

Terima kasih buat yang sudah berpartisipasi menyuport saya melalui Trakteer. Teman-teman Code Monkey bisa request saya untuk membuat pos dengan topik yang diinginkan melalui email halo@haeriadi.my.id atau di laman Trakteer saya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: