Berkenalan Dengan Fat-Free Framework

Fat-Free Framework, a powerful yet easy-to-use PHP micro-framework designed to help you build dynamic and robust web applications - fast!

Berkenalan Dengan Fat-Free Framework
Fat-Free Framework, a powerful yet easy-to-use PHP micro-framework designed to help you build dynamic and robust web applications - fast!

Ya! Kalimat tersebut merupakan gambaran singkat dari Fat-Free Framework. Dengan ukurannya yang relatif kecil, sekitar ~50KB, Fat-Free Framework dapat dikelompokan dalam kerangka kerja PHP kelas mikro (micro-framework). Dengan ukurannya yang kecil, tetapi memiliki fungsi yang cukup untuk membangun sebuah situs web, bisa disandingkan dengan CodeIgniter.

Saat ini saya sedang mempelajari Fat-Free Framework untuk membuat sebuah situs web sederhana. Saya tertarik dengan framework ini karena ukurannya yang ringkas dan tanpa harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Tinggal bongkar dari arsip unduhan dan mulai membuat situs web. Yang paling menarik bagi saya adalah kemudahannya dalam membuat rute, bisa dibilang terlalu bebas. Selain itu juga bagian pembuatan templat, lebih mudah. Maaf, saya lupa memberi tahu kalau saya membandingkannya dengan CodeIgniter.

Fat-Free Framework layak dicoba untuk tambahan pengetahuan tentang bekerja dengan framework. Tetapi untuk tingkat produksi, saya masih belum pernah mencobanya. CodeIgniter saya rasa lebih mudah digunakan dalam tingkat produksi. Saat ini, Fat-Free Framework masih saya pelajari dan belum digunakan untuk pembuatan situs web produksi.

Kenapa saya katakan begitu, karena, selama saya mempelajari Fat-Free Framework, lebih susah menemukan referensi mengenai Fat-Free Framework dan dokumentasinya kurang begitu memadai bagi saya dibandingkan CodeIgniter. Mungkin membandingkan Fat-Free Framework dengan CodeIgniter sangat tidak tepat tetapi apa boleh buat, framework yang saya pakai saat ini adalah CodeIgniter.

Sekian dulu basa-basi dari saya, pembahasan tentang Fat-Free Framework akan saya teruskan dikiriman berikutnya. Salam.