Pasti sering kali kita baca di forum ataupun grup pengguna Linux yang menyebut Windows dengan sebutan “Wedus”, “Winshit”, “winDOS”, dan nama lainnya yang tujuannya menghina, mengejek, dan menjelek-jelekan.

Berhentilah kita menghina!

Kenapa kita tidak menyebutnya dengan nama yang semestinya, yaitu Windows. Windows merupakan hasil karya para developer dari Microsoft yang mana sudah bersusah payah mereka kembangkan. Dengan Windows, banyak orang jadi bisa menggunakan komputernya di rumah dengan mudah. Bagaimana perasaan mereka saat hasil karyanya dijelek-jelekan dengan nama panggilan tersebut.

Walaupun sistem berbasis Linux bisa dibiliang lebih hebat (bagi mereka yang merasakannya) dari Windows, alangkah tidak etis jika kita menjelek-jelekan sistem operasi satu ini. Bukankah dengan menggunakan perangkat lunak bebas dan perangkat lunak sumber terbuka kita diajari untuk menghormati dan menghargai hasil karya orang lain. Perangkat lunak bebas tidak hanya mengajari kita tentang hal-hal teknis tentang kode, program, tetapi lebih kepada gerakan moral tentang menghargai hasil karya orang lain. Sangat kontradiktif jika para pengguna perangkat lunak bebas menyerang hasil karya orang lain seperti ini.

Terus terang, saya juga pengguna sistem Linux. Saya merasa malu dengan kelakuan-kelakuan teman-teman yang menghina karya orang lain. Dewasalah! Jangan kalian menjadi pengikut-pengikut yang fanatik buta. Berhentilah menghina karya orang lain!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan