Sudah dua hari ini saya “memburu” bug pada Dashvolt. Bug itu berkaitan dengan fitur import produk via file CSV. Saya ingat betul kalau dulu fitur import produk dengan file CSV sudah disupport oleh Dashvolt. Bahkan sudah pernah saya perlihatkan kepada teman saya. Tetapi, tiba-tiba saja fitur tersebut menghasilkan error kurang lebih satu minggu yang lalu.

Waktu itu saya abaikan dahulu karena ada hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu, khususnya pada modul jurnal. Baru kemarin saya bisa mulai berburu penyebab error pada fitur import tersebut. Penyebabnya adalah pada pustaka PHPExcel yang macet.

ZipArchive not found

Ini penyebab utamanya, ZipArchive tidak bisa ditemukan oleh PHPExcel. Banyak ditemukan di forum untuk menambah sebaris kode pada pustaka PHPExcel tersebut. Saya pikir cara tersebut tidaklah bijak untuk Dashvolt. Jika saya harus oprek pustaka third-party yang digunakan Dashvolt, berarti ada kemungkinan pustaka tersebut tidak kompatibel dengan Dashvolt dong. Untuk apa saya harus ngulik, tinggal ganti aja. Kenapa begitu? Yang jelas, jika pustaka tersebut update maka saya harus menyisipkan kode lagi. Jelas tidak efektif bagi saya.

Berbekal informasi yang bertebaran di forum-forum. Dan akhirnya ketemu juga sumbernya. Ternyata ada di library PHP itu sendiri. Ada library PHP yang belum diinstall pada server yaitu php-zip. Yup, cuma perkiraan aja. Baca di forum dan juga di stackoverflow, saya mencoba berhipotesa, bagaimana kalau php-zip ternyata belum diinstall.

Setelah saya cek pada server, php-zip belum terpasang. Dan setelah saya pasang dan restart Dashvolt, maka jadilah import data via file CSV. Dengan ini, maka Dashvolt sudah bisa dideploy untuk digunakan tim. Ibarat kata, ini bisa disebut versi 0.1.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan