Salam hangat kepada teman-teman Code Monkey. Kali ini saya mengomentari artikel yang trending di Hacker News dengan judul “If I could bring one thing back to the internet it would be blogs“. Artikel itu bisa dibaca di blog ini.

Penulis artikel tersebut menyatakan keresahannya tentang menghilangnya blog dari internet. Dia membandingkan pengalamannya berselancar pada awal-awal internet dengan pengalamannya sekarang. Dia banyak menyalahkan media sosial yang mengalihkan masyarakat dari blogging. Dia menyatakan bahwa pada awal internet, banyak orang yang membuat blog dan membaca blog.

Pengalamanku

Saya malah berpikir sebenarnya semakin ke sini semakin banyak blog yang muncul di internet. Iya benar seperti yang dikatakan di artikel tersebut, masih tetap lebih banyak orang yang posting di Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Saya bisa memahami kenapa sebagian besar mereka lebih banyak posting di media sosial. Kita lebih mudah membuat konten untuk media sosial kita dibandingkan blogging. Saya sendiri merasa untuk membuat konten di blog itu lebih serius dibandingkan pada media sosial. Mungkin hal ini bisa menjadi salah satu faktor mengapa mereka lebih memilih media sosial dibandingkan blog.

Tetapi saya melihat blog masih tetap hidup. Karena teman-teman yang dari awal merupakan pembuat konten di media sosial mulai membuat blog. Jadi, mereka memanfaatkan blog sebagai media pendukung eksistensinya di dunia maya.

Kesimpulanku

Blog belum mati. Masih banyak orang yang masih membuat blog. Tetapi zaman sudah berubah. Sekarang lebih banyak orang mengakses media sosial dibandingkan blog. Hal tersebut didukung dengan logaritma masing-masing platform sehingga masing-masing akun dapat dengan mudah ditemukan oleh yang lainnya.

Buat kamu yang memiliki blog, jangan patah semangat untuk tetap menulis. Masih banyak orang yang tetap suka membaca blog. Silakan yang masih punya blog, masih aktif menulis, bisa share pengalaman blogging kalian di kolom komentar artikel ini.

Kategori: Artikel Umum

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: