Beberapa waktu lalu saya mencoba menggunakan Ghost CMS untuk blog ini dan tidak bertahan lama. Saya kembali lagi menggunakan WordPress sebagai engine blog ini. Dari pengalaman tersebut maka terpikirkanlah untuk menulis alasan saya menggunakan WordPress untuk blog saya.

Sebelum masuk pada alasan-alasan saya, perlu kamu ketahui bahwa saya menggunakan self-host WordPress bukan menggunakan WordPress.com. Baik, mari kita bahas alasan-alasan saya menggunakan WordPress. Self-host WordPress bisa didapatkan di wordpress.org.

WordPress itu bebas digunakan

WordPress merupakan salah satu CMS yang termasuk free software. Artinya, kita dapat dengan bebas menggunakannya bahkan memodifikasi kodenya sesuai kebutuhan kita.

Walau demikian, jangan terkecoh dengan kata free software. Walau WordPress bisa kita dapatkan secara gratis tetapi domain dan host yang kita gunakan tetaplah berbayar.Kita harus menyewa nama domain dan host dari provider yang ada.

Domain haeriadi.my.id itu sendiri saya sewa dari Domosquare yang memang dari dulu sudah saya percaya sebagai registrar domain saya. Untuk paket sewa domain di Domosquare bisa dilihat di halaman mereka di domosquare.com.

Untuk masalah host, kebetulan saya berlangganan VPS di Vultr. Jadi, sekalian saya manfaatkan saja untuk host blog ini. Untuk Vultr bisa kunjungi websitenya di vultr.com.

WordPress itu mudah dikustom

Banyak pengguna WordPress bukanlah orang-orang web designer ataupun programmer. Malah sebagian besar yang menggunakan WordPress tanpa mengetahui tentang cara-cara mendesain situs web, bahkan ada yang tidak tahu cara membuat situs web sama sekali.

Bagi orang-orang seperti saya yang tidak mau ribet lagi, WordPress merupakan solusi yang tepat karena WordPress menyediakan berbagai tema dan plugin yang dapat kita gunakan tanpa memikirkan hal teknis.

WordPress mudah diatur

Untuk urusan atur-mengatur, WordPress menyediakan dashboard yang menurut saya tidak rumit. Semua terstruktur dengan logika yang mudah dipahami. Bahkan dalam mengatur tampilan situs yang kita bangun, WordPress sangat sederhana. Saya berani berkata bahwa dashboard WordPress sangatlah mudah dipahami.

Untuk urusan update juga sangat mudah. Kita tinggal klik tombol saja. Tidak perlu ribet membaca panduan. Tapi saya sarankan untuk tetap membaca panduan dan catatan rilis, siapa tahu harus ada hal-hal yang perlu diperhatikan.


Itu lah beberapa alasan kenapa saya menggunakan WordPress. Kamu juga bisa mencobanya untuk blog atau situs web kamu sendiri. Share juga pengalaman kamu menggunakan WordPress ya, bisa lewat komentar di bawah atau link artikel ini di blog kamu :-).


0 Komentar

Tinggalkan Balasan