Setelah Dashvolt 2 saya nyatakan ditutup pada pos sebelumnya (lihat How about Dashvolt), saya membuat sebuah proyek baru. Nama proyek tersebut adalah AdminIT yang dapat Anda ikuti pada repositori GitLab saya (kunjungi https://gitlab.com/sibuluq/adminit).

Maksud dari Proyek AdminIT adalah untuk membuat sebuah sistem manajemen konten. Sistem manajemen konten di sini bukan digunakan untuk blog maupun website melainkan aplikasi penunjang bisnis. Hampir sama dengan Dashvolt 2 tetapi dibuat lebih umum. Tujuannya adalah agar dapat digunakan oleh masyarakat luas, tidak terbatas pada kepentingan Java Multi Mandiri di mana saya bekerja.

Spatie Permission

Saat tulisan ini dibuat, AdminIT sudah memiliki sistem manajemen dasar berkaitan dengan pengguna. Sistem tersebut dapat digunakan oleh administrator sistem untuk mengelola pengguna, perannya, dan perizinannya. Untuk menangani otentifikasi dan otorisasi pengguna, saya menggunakan sistem bawaan dari Laravel. Penanganan peran dan perizinan menggunakan paket Permission dari Spatie (kunjungi repositori GitHubnya).

Berikut ini adalah skema ERD yang saya kembangkan untuk sistem manajemen pengguna.

Skema ERD sistem manajemen pengguna AdminIT

Skema ERD sistem manajemen pengguna AdminIT.

Penggunaan UIkit, feel like home

Kali ini saya kembali lagi menggunakan UIkit sebagai framework front-end aplikasi ini. Hal tersebut dikarenakan saya kurang merasa cocok terhadap Bootstrap 4. Dengan menggunakan UIkit, saya bisa berkata bahwa it feel like home. Untuk Anda yang ingin menggunakannya, bisa mengujungi websitenya di https://getuikit.com/.

Tampilan depan website UIkit

Tampilan depan website UIkit.

Pada pengaturan awalnya, Laravel akan menggunakan Bootstrap 4 sebagai framework front-end. Sebenarnya, Laravel tidaklah menentukan penggunaan framework. Dia membebaskan kita untuk menggunakan framework yang kita inginkan.

Untuk menghilangkan Bootstrap yang dibawakan, kita dapat menggunakan perintah berikut.

php artisan preset none

Perintah tersebut akan menhapus file-file scaffolding Bootstrap dan VueJS. Yang tersisa hanya file SASS blank dan file JavaScript dengan beberapa pustaka utilitas umum. Setelah itu, saya ganti menggunakan UIkit.

Akhir kata

Silakan follow repositori Proyek AdminIT di GitLab saya untuk dapat mengikuti perkembangan pengembangan AdminIT. Silakan fork AdminIT dan menjadikannya lebih bagus lagi, merge request kamu saya tunggu 🙂


0 Komentar

Tinggalkan Balasan