Google I/O segera tiba!

Google I/O merupakan salah satu acara teknologi terbesar dan paling dinantikan setiap tahunnya. Diselenggarakan oleh Google, acara tersebut menjadi ajang bagi para pengembangan, desainer, dan profesional teknologi untuk mempelajari tren terbaru, mengeksplorasi teknologi inovatif, dan mendapatkan wawasan langsung dari para pemimpin industri.

Acara tahunan Google I/O akan segera hadir, membuka peluang bagi para pengembang untuk mempelajari hal-hal baru. Acara ini akan digelar langsung di Mountain View, dimulai dengan Google keynote pada hari Selasa, 14 Mei 2024 pukul 10 pagi waktu Pasifik (Rabu, 15 Mei 2024 pukul 01.00 WIB). Acara dilanjutkan dengan Developer keynote pada pukul 13.30 waktu Pasifik (Rabu, 15 Mei 2024 pukul 04.30 WIB).

Selain itu, pada tanggal 16 Mei pukul 8 pagi waktu Pasifik (pukul 23.00 WIB) juga akan dirilis lebih dari 150 sesi technical deep dive, demo, codelab, dan konten on-demand lainnya. Jika kamu sudah mendaftar secara online, kamu dapat mulai menyusun angenda “My I/O"-mu sendiri.

Sorotan Google I/O tahun ini

Ada beberapa sorotan menarik yang dapat kamu nantikan dari program Google I/O tahun ini. Tahun ini, Google I/O akan membahas tentang kemajuan dalam kecerdasan buatan, pembaruan di ekosistem Android dan ChromeOS, serta peningkatan pengelaman web.

Berikut ini adalah sorotan yang menarik dari Google I/O tahun ini yang dapat kamu ikut.

Mengungkap kekuatan AI

Era Gemini membuka frontier baru bagi para pengembang software. Google akan memperkenalkan fitur terbaru dari Gemini API, Google AI Studio, dan Gemma. Coba juga model pra-latih canggih dari Kaggle dan jelajahi pustaka open source dari Google seperti Keras dan JAX. Dengan kemajuan dalam AI generatif, pengembang dapat menciptakan aplikasi yang lebih cerdas dan inovatif.

Dengan Gemini, pengembang dapat dengan mudah mengintegrasikan model AI canggih ke dalam aplikasi, mulai dari pengenalan gambar hingga pemrosesan bahasa alami. Selain itu, Google AI Studio akan menjadi psta bagi pengembang untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan teknologi AI terkini. Pengembang dapat memanfaatkan model pra-latih yang disediakan atau membangun model kustom sendiri menggunakan pustaka open source seperti Keras dan JAX.

Gemma merupakan sebuah framework AI generatif yang memungkinkan pengembang untuk menghasilkan konten, kode, dan bahkan desain secara otomatis. Dengan Gemma, pengembang dapat meningkatkan produktivitas, menghemat waktu, dan mendorong kreativitas dalam pengembangan aplikasi.

Android: Tempat bermain para developer

Google I/O kali ini akan membahas tentang Android 15. Sebagai platform mobile terkemuka, Android terus mengalami perkembangan yang pesat. Android 15, versi terbaru yang akan segera dirilis, membawa banyak fitur baru dan peningkatan performa bagi Android 15. Selain itu, juga akan dibahas tentang peralatan dan pustaka terbaru di ekosistem Jetpack dan Compose.

Membangun pengalaman web yang indah dan fungsional

Pada Google I/O nanti, akan dibahas tentang Baseline, sebuah alat yang revolusioner bagi pengembangan web untuk memperkaya pemahaman tentang fitur web dan interoperabilitas API. Dengan Baseline, pengembang dapat mengakses informasi dari MDN, Can I Use, dan web.dev secara langsung. Baseline dapat membantu para pengembang dalam membuat aplikasi web yang lebih kompatibel dan mudah digunakan.

Masa depan ChromeOS

ChromeOS, sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google, telah menjadi platform yang semakin populer dikalangan pengguna Chromebook. Dengan fokus pada produktivitas, keamanan, dan kemudahan penggunaan, ChromeOS telah menarik perhatian banyak pengembang untuk menciptakan aplikasi yang dapat berjalan dengan baik di ekosistem ini.

Dalam Google I/O besok, akan dibahas tentang investasi yang berfokus pada pengembang, distribusi, kemampuan aplikasi, dan integrasi sistem operasi. Selain itu, juga dibahas bagaimana masa depan Chromebook dan pengalaman penggunanya. Hal tersebut akan membuka peluang bagi pengembang untuk menciptakan aplikasi yang dapat berjalan dengan baik di ekosistem ChromeOS.


Yang sudah disebutkan sebelumnya merupakan sebagian kecil dari apa yang akan kamu temukan di Google I/O tahun ini. Jangan lewatkan acara ini untuk mendapatkan info terbaru dari Google. Acara ini akan menjadi ajang yang sangat berharga untukmu agar memperluas wawasan tentang produk-produk dari Google.

Silakan lihat info lebih lengkap di website resmi Google I/O .