What to know about threads

Kamu pasti sudah mendengar kabar bahwa Meta, perusahaan induk dari Facebook, meluncurkan platform microblogging baru bernama Threads. Yang paling mengejutkan buat saya adalah Meta berencana agar Threads bergabung dalam jejaring fediverse dengan menggunakan protokol ActivityPub.

Perlu kamu ketahui bahwa ActivityPub adalah protokol yang digunakan oleh platform Mastodon. Protokol tersebut memungkinkan setiap server Mastodon dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Dengan menggunakan protokol tersebut maka user Mastodon dapat saling berkomunikasi walaupun mereka berbeda server.

Agar gampang memahami bagaimana user Mastodon dapat saling berkomunikasi walaupun berbeda server maka kamu dapat membandingkannya dengan email. Terdapat banyak penyedia jasa email yang dapat kita gunakan. Dari yang gratis sampai yang berbayar. Contoh yang paling sering digunakan adalah Gmail, Yahoo! Mail, dan Proton Mail.

Misalkan saya memiliki akun email di Gmail sedangkan kamu memiliki akun di Yahoo! Mail, apakah kita dapat saling berkomunikasi? Tentu bisakan?

Kamu tidak perlu membuat akun di Gmail untuk berkomunikasi dengan saya. Cukup gunakan Yahoo! Mail dan kirimkan email dari akunmu tersebut ke akun Gmail saya. Email kamu akan tetap terkirim walaupun kita beda penyedia.

Seperti itulah gambaran sederhana dari Mastodon.

Nah, hal tersebut yang membuat saya kaget. Facebook, produk dari Meta, terkenal dengan wallet gardennya. Instagram juga merupakan platform tertutup. Lah, kok tiba-tiba mengeluarkan Threads yang user dari provider lain bisa konek.

Entah apa yang dipikirkan Meta, tetapi jika memang benar Threads bergabung dalam jejaring fediverse, coba kamu follow akun Masatodon saya di FLOSS Social dengan nama @akusunu lewat Threads.