Git Graph, Extension Wajib Ada Bagi Saya

Ekstensi apa sih yang harus ada di Visual Studio Code kamu?

Saya pengguna Visual Studio Code (VSCode) untuk coding kesehariannya. Dan tentunya juga memasang ekstensi-ekstensi penunjangnya. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihannya.

Kalau boleh cerita, ekstensi yang harus ada bagi saya adalah Git Graph. Git Graph merupakan ekstensi pertama yang akan saya pasang pada setiap VSCode baru saya. Ya, saya lebih suka visualisasi git dengan diagram percabangannya.

Sebelumnya saya menggunakan Sourcetree dari Atlassian. Sayangnya, aplikasi tersebut hanya ada di platform Windows dan Mac OS X sedangkan saya seorang pengguna Linux, openSUSE Leap.

Saya juga pernah menggunakan GitKraken dari Axosoft. Sebenarnya GitKraken bagus juga. Entah kenapa saya tidak menggunakannya lagi, sudah lupa alasannya. Git client yang paling enak digunakan yang pernah saya gunakan.

Awal menggunakan git client yang bukan bawaan dari git sebenarnya menggunakan Git Cola dari David Aguilar. Aplikasi yang simple dan ringan.

Setelah beralih menggunakan VSCode, akhirnya saya tinggalkan semua aplikasi tersebut ketika mengetahui VSCode bisa dipasang git client GUI. Saya menggunakan ekstensi Git Graph dari Michael Hutchison. Cukup membuka satu aplikasi untuk melakukan semua kegiatan coding.

Git Graph! Menyediakan apa yang saya butuhkan

Visualisasi repo git blog ini Visualisasi repo git blog ini

Saya butuh visualisasi commit saya, check! Saya butuh visualisasi branch repo saya, check! Saya butuh informasi seberapa jauh perbedaan antara repo lokal dengan remote, check! Saya butuh informasi perubahan file, check!

Memang Git Graph tidak selengkap GitKraken. Tetapi integrasi dengan VSCode membuatnya tidak terlalu signifikan. Saya bisa menambah ekstensi lain untuk melengkapi kekurangannya. Dan yang terpenting adalah saya tidak perlu lagi untuk membuka dua aplikasi selama coding, cukup VSCode saja.


Saya sendiri belum memanfaatkan semua fitur yang disediakan oleh Git Graph. Bisa dong kamu bagi pengalaman atau tip dan trik tersembunyi dari Git Graph lewat Twitter, di tag @sibuluq ya.

Oiya, sementara ini belum bisa komen-komen di blog ya. Baru saja pindah dari WordPress ke Hugo (🤦 pindah lagi) jadi bisa lah di Twitter aja.

Terima juga sedikit receh di Trakteer biar tambah semangat bloggingnya lho 😁.